Oleh Kail Pancing

Umpan mancing ada beberapa macam jenisnya. Untuk kali ini, saya ingin sedikit mengupas cerita singkat tentang umpan grandong (istilah pemancing indonesia) atau istilahnya Gang Hook (istilah inggris).

Model umpan mancing ini sebenarnya berupa rangkaian dari kail pancing yang disusun bertingkat dengan tujuan untuk memberikan kesan agar umpan mati (alami) menjadi ‘hidup’. Bagaimana kok bisa hidup?

Begini, biasanya untuk kail pancing yang ditujukan untuk grandong (gang hook) tadi, diperlukan cara tertentu yang sederhana. Caranya ialah memasukkan rangkaian kail pancing tadi ke umpannya, yakni seperti ikan lemuru/sarden, ikan selar, ikan kembung, dll.

Cara mudahnya adalah kail pancing bertingkat tadi / umpan mancing grandong dimasukkan ke dalam tubuh ikan dari mulutnya. Sehingga nantinya di dalam tubuh ikan tadi terdapat kail pancing tadi. Itulah akhirnya dinamakan umpan mancing grandong.

Dengan kemudian menarik sedikit kencang umpan mancing tersebut ke leader atau rangkaian, maka ikan akan selalu melambai-lambai dan terkesan hidup.

Cara memasang umpan mancing grandong ini telah sering dicoba oleh pemancing. Dan cara ini sangat efektif bila kesulitan mencari umpan hidup.

Nah, apakah anda tertarik untuk memakai cara umpan mancing grandong ini? Silahkan mencobanya, dan rasakan hasilnya.

Tak semua orang merasa perlu menggunakan cara grandong ini, bagi sebagian orang juga bahwa faktor umpan masih belum ada apa2nya bila joran pancingnya kurang sip.

Bagikan ke teman-teman Pemancing...