Perahu adalah sarana pokok pemancing yang akan memancing di laut. Biasanya untuk melepaskan hobi yang udah memuncak di kepala, para pemancing akan rela berurunan ria untuk menyewa sebuah kapal atau perahu untuk mancing di tengah laut.

Tidak hanya di laut, untuk di sungai atau danau pun para pemancing bisa juga menyewa perahu yang cukup layak dan tepat baginya untuk menyusuri daerah-daerah spot mancing yang tidak terjangkau dari pinggiran saja.

Rata-rata biaya untuk menyewa sebuah kapal sangatlah bervariatif. Bisa 50 ribu per hari ataupun hingga mencapai jutaan per hari. Semua ini tergantung lokasi, fasilitas dan kemampuan para pemancing.

Dengar-dengar sih, memang ada beberapa nelayan atau tukang perahu yang tidak menyenangkan hati para pemancing mania. Biasanya mereka sulit diajak kerja sama atau dimintai tolong untuk pindah tempat, memutar haluan dll.

Nah, untuk menyiasati hal tersebut sebetulnya mudah. Hanya saja, tidak semua pemancing peduli dan siap untuk melakukannya. Tips untuk bekerja sama dengan tukang perahu :

Pastikan deal pembayarannya berapa
Tepatilah waktu dan janji
sampaikan kepadanya tentang perkiraan permintaan anda nantinya; untuk siap2 pindah bila spot sepi
Bawakanlah dan berbagilah bekal dengannya, toh dia manusia juga kan?
Berbagilah ikan dengannya (bila dia mau)
Jangan berikan bonus uang, tetapi bayarlah sesuai kesepakatan di awal.
Bila anda ingin memberinya bonus uang, silahkan lakukan bila sudah berlangganan lama.
Nah, itu saja sedikit yang bisa saya berikan. Bila anda punya pengalaman menarik, silahkan berbagi resep dan tips… Salam.

Bagikan ke teman-teman Pemancing...