alat menggulung senar

Memilih Senar Pancing / Kenur

Senar Pancing / Tali Pancing / Kenur Pancing

Ada dua bagian senar yaitu main line dan hook line. Pemakaian senar juga harus kita sesuaikan dengan tujuan atau apa yang ingin kita dapatkan ketika kita memancing, apakah ikan kecil atau ikan besar. Dari jenis ikan yang akan kita pancing inilah diameter senar kita sesuaikan.

Senar atau kenur / line ini sendiri, adalah suatu tali terbuat dari bahan khusus yang digunakan untuk memancing. Di senar atau Line inilah kail (hooks), pelampung (floats), timah (sinker) dan asesoris lainnya berkumpul.

Memilih Kenur Pancing / Senar Pancing

Hal pertama yang perlu diketahui dalam memilih senar adalah kualitas dari bahan senar tersebut yang masing-masing senar mempunyai ciri khas tertentu. Semakin bagus kualitas senar yang kita pakai, sudah pasti semakin mahal harganya.

Senar yang baik mempunyai mutu stabil. Senar yang baik ini dibuat dari bahan baku berkualitas, dengan menggunakan mesin yang baik dan dengan proses dan quality control yang baik pula. Kestabilan senar dimaksud adalah jika dibuat dengan quality control yang ketat seperti diameter, kekuatan (strength), kekuatan ikat senar (knot strength), perpanjangan senar pada saat ditarik (elongation), daya lentur (flexibility) dan ketahanan gesek (abrasion resistance).

Jenis-jenis Senar Pancing yang ada dipasaran ada dua yakni Monofilament dan Multifilament. Monofilament adalah Senar dengan serabut (filament) tunggal, dan terbuat dari bahan dasar nylon.

Sedangkan Multifilament adalah Senar yang memiliki banyak serabut. Permukaan senar jenis ini kasar, tidak sehalus senar dari bahan nylon. Jenis Senar Pancing ini banyak dipakai pemancing hobi dan biasanya digunakan untuk lomba.

Cara Mengetahui Karakteristik Kenur Pancing Anda.

Kekuatan (strength) : Seberapa mampu senar dapat menahan beban. Tes kekuatan ini dilakukan dengan menggunakan universal testing machine dengan menarik senar sepanjang 50 cm dengan kecepatan tarikan 200 mm permenit, kemudian senar diuji sampai putus untuk melihat kekuatan maksimalnya.

Kekuatan Ikat Senar (knot strength) : Kekuatan ikat pada simpul, dimana senar akan putus disimpul. Umumnya kekuatannya diukur dengan pons (lbs) atau kg (kilogram). Tes kekuatan simpul dilakukan sama dengan tes kekuatan senar dengan membuat simpul pada tengah-tengah senar yang akan diuji, sampai senar putus pada simpul.

Perpanjangan Senar Pada Saat Ditarik (elongation) : Senar akan mengalami perpanjangan/mulur pada saat menarik beban, sampai titik maksimal dari senar itu tidak dapat mulur lagi. Tes dilakukan dengan menarik senar sampai titik maksimal senar akan putus.

Ketahanan Gesek (abrasion resistance) : Senar yang tidak mudah terkikis / abrasi apabila terkena batu karang, penuntun senar pada joran dan tempat jalannya senar pada reel. Tes dilakukan dengan menggesek senar sampai putus dengan menggunakan amplas berputar dan dihitung jumlah putarannya. Makin banyak jumlah putaran, menunjukkan senar semakin tahan terhadap gesekan.

Kelenturan (flexibility) : Resistensi senar saat ditekuk. Tes dilakukan dengan mengukur resistensi senar pada saat ditekuk. Makin besar resintensinya menunjukkan senar semakin kaku.

Cara Mengukur Kekuatan Senar Pancing

Senar Pancing ini, bisa kita uji dengan dua cara. Yaitu dengan menggunakan Alat Pengetesan Senar dan Manual. Alat Pengetesan Senar berupa mesin khusus untuk tes senar. Keakuratan pengetesan dengan menggunakan alat mesin ini lebih baik dibandingkan dengan secara manual.

Pengukuran tali senang secara manual, bisa kita lakukan dengan memakai sebuah timbangan, kemudian senar ditarik (timbangan menunjukkan suatu angka) sampai senar tersebut putus.

Nah, selamat berburu kenur pancing / senar pancing anda…

Bagikan ke teman-teman Pemancing...

Published by

Rony Muzz

Kail Pancing adalah nama panggilan untuk website ini yang mana pemiliknya adalah Rony Muzz atau lengkapnya Rony Murtolo. Aktiftas utamanya adalah membagi informasi dan usil mencari ide pembuatan berbagai alat bantu pemancing dan alat-alat lainnya. Yang penting tidak sampai merugikan orang lain. Kail pancing ini menjalin kerjasama dengan beberapa teman (dan makin bertambah) untuk membuat produk yang cantik di bidang pancing. Tetap berusaha ya...

4 thoughts on “Memilih Senar Pancing / Kenur”

  1. Sebenarnya seberapa ukuran nantinya akan sedikit mmpengaruhi.
    Pengalaman saya, yg mmbuat tenggelam adalah teknik salam memancing, Jika sudah melempar umpan pada titik target, hentakkan sedikit joran.stick anda, hingga karena hentakan sedikit demi sedikit tadi Kenur akan mendapat beban antara tarikan joran dan beban umpan/timah. sehingga diharapkan dengan proses itu maka senar akan turun kedalam air..

    biasanya untuk merk2 kenur yang mahal, maka tingkat kekuatannya tinggi namun diameternya tidak sebegitu besar, berbeda dengan kenur yang berharga 10-50 rbu. biasanya gampang kusut dan diameter besar ketika memilih kekuatan yang besar.

    miracle-muh.blogspot.com -> seputar mancing

  2. merk kenur untuk mancing ikan mas yang bagus apa pak? yang saya pakai susah tenggelam,ngambang aja,sudah di rendam air teh semalam juga masih ngambang aja. Saya ingin beli yang bagus dan harga terjangkau. makasih

  3. ukuran senar pancing yang standart ikan segitu adalah 0.20 mm , sekitar itu lah..

  4. kalo untuk lomba ikn emas dngn bert 4 s/d 5 klo lbh baik pke ukrn senar brp gan? klo pke yg ukrn besr kenur sulit tggelm ny sllu ngmbang dprmukaan air,,, klo yg ukrn kcil ska k’gesek dngn tmbng pmbts lapak jdi bnang pda kasar dan mdah ptus,,,, untuk skrng sya pke yg 0,28,, tlong dong saran nya,,, thnx,,,

Comments are closed.