Mancing Di Laut

This entry was posted in mancing laut lepas, Pancing Mania and tagged , , , , . Bookmark the permalink. Follow any comments here with the RSS feed for this post. Both comments and trackbacks are currently closed.

Beragam Cara Mancing Laut

Oleh Kail Pancing

Cara mancing laut dapat dibagi menjadi dua kategori yaitu mancing laut dari daratan (Inshore) dan mancing laut dari tengah lautnya (Offshore). Nah, saya lebih menyukai untuk mengulas terlebih dahulu tentang cara mancing laut di daratan atau bahasa inggrisnya, eh istilahnya adalah inshore. Ada beberapa tipe mancing dari daratan antara lain:

Pierfishing.

umpan popper popronMemancing dari pelabuhan, dermaga kayu atau penahan gelombang. Banyak pemancing dari dermaga melakukannya untuk rekreasi, juga dengan membawa serta keluarga mereka. Adapun ikan-ikan besar yang didapat bisa seperti hiu, pari, kakap putih, kerapu dll. Piranti yang umum dipakai adalah tipe spinning, karena mudah di gunakan. Umpan yang dipakai adalah ikan kecil, cacing laut, udang, irisan ikan, ikan hidup atau bisa juga dengan umpan buatan.

Rockfishing.

Dari namanya sangat jelas bahwa kegiatan memancing dilakukan dari lokasi yang berbatu karang, sebagai target pancingan adalah ikan Marlin. Marlin bukanlah merupakan target yang lazim dalam rockfishing/mancing laut dari karang, tetapi bisa jadi seorang pancing mania mandapatkannya. Kegiatan jenis mancing di laut ini tergolong sangatlah menantang, sebab banyak pancing mania yang melakukannya dari karang yang terjal dan tinggi…wow.

umpan-pancing-popperSurfishing.

Biasanya dilakukan di pinggir pantai berpasir, dan piranti spinning jelas adalah yang umum dipakai disini. Joran pancing pun harus panjang, bisa 3 meter bahkan. Bisa juga menggunakan jenis piranti yang lainnya, bergantung pada jenis ikan yang anda inginkan. Kepiting kecil, cacing laut, udang, irisan ikan, ikan hidup dan juga umpan tiruan dapat digunakan sebagai umpan. Pada beberapa lokasi yang tepat, waktu yang pas, dan umpan yang pas, anda bisa jadi kebetulan mendapatkan ikan yang besar.

Untuk mancing di laut yang lebih heboh, ada lagi yakni di tengah laut yang menggunakan metal jig. Simak tulisan saya berikutnya nanti….kalo gak lupa ya…hehe..

Silent Blue Wordpress Theme Copyright (C) 2009 Cristi Habliuc This program is free software: you can redistribute it and/or modify it under the terms of the GNU General Public License as published by the Free Software Foundation, either version 3 of the License, or (at your option) any later version. This program is distributed in the hope that it will be useful, but WITHOUT ANY WARRANTY; without even the implied warranty of MERCHANTABILITY or FITNESS FOR A PARTICULAR PURPOSE. See the GNU General Public License for more details. You should have received a copy of the GNU General Public License along with this program. If not, see . */ ?>