Pemilihan Ukuran Mata Pancing Yang Sesuai.

By Kail Pancing.

Kail adalah adalah sebutan umum pada masa kini sebagai mata pancing. Kail pancing ini ada yang besar atau pun kecil, tergantung dari kebutuhan orang untuk memperoleh ikan besar atau ikan yang kecil.

Kebanyakan orang memilih kail yang spesifik ukurannya sesuai dengan keinginan mereka untuk mendapatkan sasaran ikan sesuai dengan ukurannya. Tentu saja, pada akhirnya, orang yang memancing di laut yang luas dan dalam, kebutuhan bentuk mata pancingnya sangat berbeda dengan orang yang hanya memancing di sungai untuk memancing udang.

kail pancing (4)Semakin kecil ikan, mata kail yang diperlukan juga semakin kecil. Begitu juga sebaliknya, semakin besar ikan, maka kail yang dibutuhkannya pun besar.

Apa yang sering orang lewatkan adalah bahwa struktur garis ukuran, jenis ikan, jenis umpan, cara memancing memainkan peran utama dalam pemilihan mata pancing. Contoh kail pancing berbagai bentuk bisa seperti ini :

Tidak ada patokan resmi mana yang cukup baik, karena kini rata-rata semua pemancing telah tahu ukuran yang pas akan kail pancing untuk kebutuhan memancingnya. Standartnya adalah untuk ikan besar, pilihan mata pancing yang besar, tipis dan tajam adalah tepat.

Untuk ikan yang kecil, hanya diperlukan ukuran mata kail yang kecil, tipis dan keruncingannya pendek.

Bahan dari kail pancing sangatlah berpengaruh juga. Hal ini lebih dominan tatkala seseorang pergi memancing di laut. Bahan dari baja yang bagus lebih diutamakan, sebab air laut sangatlah keras dalam menumpulkan mata pancing. Bila memilih bahan yang biasa saja, maka hanya membuat anda capai untuk mengganti dan capai melihat ikan yang sering kali lepas. Sementara tetangga di sebelah anda cuman bisa tertawa dan meledek kesialan anda.

Mata kail Untuk Ikan Mas

Kail (hooks) atau mata kail dengan bentuk yang digunakan untuk mancing ikan mas berbentuk lengkung setengah lingkaran, berbatang pendek dengan ujung pengikat yang gepeng (spade end). Penggunaan bentuk seperti itu didasarkan pada pertimbangan dari bentuk mulut ikan mas; dari cara makan, bentuk umpan ketika digunakan dan cara penyajian umpannya.

Para pemancing ikan mas yang sudah terbiasa, akan menyajikan umpan mengikuti kondisi biologis tersebut, dimana umpan akan dibuat berupa adonan agak lembek yang dibentuk membulat. Otomatis, maka bentuk kail yang telah disebut di atas sangat cocok dipakai untuk mancing ikan mas.

Merk Kail Untuk Mancing Ikan Mas dan Ukurannya

Merek-merek terkenal untuk mata pancing ikan mas seperti Gamakatsu, Owner, Mustad, Daiichi, Carbon umumnya dibuat dari bahan stainless steel dan carbon. Kisaran ukuran kail yang dipakai adalah nomer 3~6 (dengan metode penomeran angka makin besar maka ukuran kailnya juga semakin besar).

Untuk mancing harian menggunakan nomor 3 dan 4 sedangkan untuk mancing lomba dan mancing galatama menggunakan nomer 5 atau 6. Kail Mustad Penomeran kail merk Mustad ini semakin kecil angkanya ukuran kail akan semakin besar.

Mengingat ikan mas dikenal sangat sensitif ketika mencari makanan maka pertimbangan ukuran kail ini adalah lebih kecil lebih baik. Jadi pilih mata kail dengan lingkar batang kail yang lebih tipis namun kuat, sehingga umpan tetap terasa ringan.

Selain ukuran, warna batang kail dapat menjadi pertimbangan. Warna hitam digunakan karena tidak memantulkan cahaya dibanding warna mengkilap namun terkadang kerlip pantulan dibutuhkan untuk memikat ikan mas.

Kail Pancing Assist Hook

Kail Pancing Assist Hook

Ada baiknya jika mancing kolam harian kail yang digunakan berukuran sedang 6/0 atau 7/0 jika ada ikan supernya bolehlah kita menggunakan kail 8/0.

Jika anda ingin menggunakan kail yang sedang dalam perlombaan ikan mas gunakan kail bernomor 8/0 karena biasanya ikan yang dilepas sewaktu lomba lebih besar dibanding kolam harian dan juga kail bernomor 8/0 bisa untuk ikan besar siapa tahu supernya makan umpan anda.

Untuk para pemancing biasakan menggunakan kail lebih dari dua, agar kita bisa lebih mudah mengontrol umpan dan mengganti umpan di mata kail yang ada dipancing. Biasakan bawa gunting kuku di peralatan pancing kita.

Carp Fishing Hooks Lengkung mata kail untuk mancing ikan mas dibentuk seperti itu sehingga tipe kail ini sering juga disebut beak carp. Bahan material untuk membuat mata kail adalah besi stainless (stainless steel) dengan campuran carbon, high-carbon, vanadium yang permukaannya dilapis anti karat.

Rangkaian Mata Kail Guna Mancing Ikan Mas

Pemancing dapat membeli mata kail yang sudah jadi atau dapat membuatnya sendiri. Rangkai mata kail yang umum untuk mancing ikan mas adalah kail tunggal, cabang 2 dan 3.

Ada beberapa kekeliruan para pemancing ikan mas dalam memilih mata kail, adapun target dan sasaran ikan buruannya berbeda-beda, ikan yang biasa dilepas dikolam harian biasanya sekitar sekilo tiga ekor. Namun banyak yang menggunakan kail ukuran besar atau kurang sepadan, kekurangan kail ukuran besar untuk ikan yang sekilo tiga ekor yaitu:

  • Umpan banyak terbuang dan agak lama bila dimakan ikan

  • Bila di makan ikan agak susah kenanya karena mulut ikan dengan umpan sama besarnya

  • Apabila kena hanya tipis dan keseringan ikan terlepas/ mocel

Nah, sedikit tulisan ini semoga membantu anda makin jitu dalam memancing ikan mas, baik untuk lomba galatama maupun mancing harian.
Nah, itulah sedikit cerita ringkas tentang arti penting pemilihan kail pancing. Bagaimana menurut pengalaman anda?

Bagikan ke teman-teman Pemancing...