Reel Pancing

Tips Merawat Reel Pancing dan Senar Pancing

(catatan ini dilakukan bila anda baru saja pergi memancing)

Pertama, Basuh Reel pancing anda menggunakan menggunakan air sabun lalu bersihkan dengan air tawar. Caranya lepaskan Spool tempat senar pancing dari Reel kemudian rendam atau siram Spool tersebut berikut dengan senar pancingnya dan bersihkan dengan sikat lembut agar tidak merusak senar pancing.

Perhatikan bahwa sewaktu anda menggosok, jangan gunakan kekuatan penuh sebab dikhawatirkan melukai senar pancing. Sebagai alternative yang bijak adalah gunakan spon busa halus yang biasanya digunakan untuk mencuci piring. Kemudian bilas dengan air tawar bersih dan keringkan dengan lap kering.

Cara ini bertujuan untuk menghilangkan kuman dan zat korosif yang terbawa oleh senar pancing dari perairan tawar, payau, atau asin, sehingga tidak merusak senar pancing dan Spool Reel.

Kotoran seperti pasir dapat menghambat kinerja bearing ball sehingga dapat membuat kerusakan fatal yaitu rotasi putaran menjadi macet atau tidak bekerja dengan baik untuk menarik beban berat ketika “strike” ikan besar. Karena itu, bersihkanlah Reel dari kotoran-kotoran seperti pasir, lumpur dan zat-zat korosif seperti air laut yang dapat merusak kinerja mekanik mesin Reel Pancing.

Bisa juga, bila anda ingin lebih, anda bisa menggunakan semprotan angin menggunakan kompresor untuk melenyapkan kotoran dari pasir. Kemudian mencucinya atau mengelap dengan kain basah yang telah diberi sabun.

Lalu, hal penting yang jangan sampai anda teledor adalah menggunakan pelumas khusus Reel Pancing. Cara ini dilakukan untuk menjaga putaran bearing bail agar tdk karatan. Setelah diolesi dengan pelumas, cek kembali putarannya apakah masih stabil atau ada bagian yang aus karena gesekan sewaktu menggunakan Reel Pancing.

Setelah itu. Kembalikan Spool Pancing pada Reelnya. Kemudian masukan kedalam kantong yang terbuat dari kain, lebih bagus menggunakan kain parasit (sebelumnya masukan anti jamur pada kantong tersebut) agar Reel pancing tidak jamuran karena lembab. Reel akan siap sewaktu-waktu saat kita akan memancing kembali.

Nah, Anda siap untuk merencanakan acara mancing lagi.

Post a Comment

Your email is never published nor shared. Required fields are marked *

*
*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Silent Blue Wordpress Theme Copyright (C) 2009 Cristi Habliuc This program is free software: you can redistribute it and/or modify it under the terms of the GNU General Public License as published by the Free Software Foundation, either version 3 of the License, or (at your option) any later version. This program is distributed in the hope that it will be useful, but WITHOUT ANY WARRANTY; without even the implied warranty of MERCHANTABILITY or FITNESS FOR A PARTICULAR PURPOSE. See the GNU General Public License for more details. You should have received a copy of the GNU General Public License along with this program. If not, see . */ ?>